19 Mei 2010

PENYESALAN

M
ungkin hari yang sangat menyedihkan apabila penyesalan itu sedang kita alami, hidup terasa sangat hancur gak karuan dan setiap penyesalan itu tiap kali datang kita merasa ingin memutar waktu yang telah berjalan dan kembali mengulang kesalahan yang telah diperbuat serta memperbaikinya sehingga penyesalan itu gak akan terjadi. Tapi apa mau dikata, yang namanya sesal selalu datang terakhir gak pada awal suatu perjalanan hidup.
A
pabila sesal itu datang pasti jiwa akan terguncang bahkan jika tidak kuat menghadapinya efek negative yang mungkin datang dan sering menghantui hidup sang penyesal. Efek negatif yang menganggu jiwa bisa menyebabkan stress, menjadikan trauma terhadap hal-hal yang berkaitan penyebab datangnya penyesalan, gangguan jiwa, kelainan jiwa (rasa takut, benci dsb) atau bahkan bisa menjadi alasan untuk bunuh diri dsb. Sedangkan secara fisik mungkin bisa terkena penyakit-penyakit tertentu di masa datang.
U
dah dasarnya kalau penyesalan itu muncul tak terduga, karena adanya ketidaksesuaian antara yang dirasakan dengan kenyataan, bisa juga antara keinginan apa yang seharusnya terjadi dengan apa yang terjadi dalam hidup ini. Seperti ujian misalnya, tentunya semua berkeinginan untuk lulus, ternyata ada soal yang gak bisa dikejakan oleh karena itu mencontek peserta ujian sebelah hingga akhirnya ketahuan kemudian di blacklist dan dinyatakan tidak lulus. Jadi yang seharusnya lulus ternyata tidak, apa gak menyesal tuh? Pernah terdapat kasus politik, calon Bupati yang telah mengeluarkan uang banyak demi memenangkan dalam pilgub tapi ternyata gagal dan sekarang masuk rumah sakit jiwa, itu contoh orang yang tidak kuat menghadapi guncangan jiwa.
L
ain halnya untuk yang menyesali sesuatu itu, dia mempunyai jiwa yang kuat, tidak mudah goyah. Efek negatif yang muncul tetep ada tapi tidak akan sebesar orang yang jiwanya tidak kuat menahan goncagan. Mungkin dalam perjalanan hidup, orang seperti ini akan tetap terus berjalan meski sesal mendera mereka akan mencoba bangkit dan terus berjalan. Penyesalan menyebabkan orang merasa jatuh dan terasa sakit. Rasa sakit itu mungkin tidak terlihat, tapi lukanya sulit untuk diobati dan membuat perjalanan hidup tidak bisa berjalan seperti semula, ketika bangkit untuk melanjutkan perjalanan hidup.
Semua orang pasti pernah mengalami hal ini. “ Menyesal “, kemudian mencoba bangkit dari keterpurukan dan menjadikan penyesalan itu sebagai motivasi supaya kedepan tidak terulang kembali. Seperti apapun penyesalan itu datang harapa juga muncul, berharap mendatang akan lebih baik. Yang ku mengerti dengan penyesalan aku mencoba untuk hidup dan bertahan selama melakukan perjalanan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

bila kurang jelas dan ada yang mau ditanyakan, silahkan kontak owner aja,,don't copy this post without my permission!!!